Info Terbaru 2022

6 Cara Gampang Menghemat Kuota Internet Di Android

6 Cara Gampang Menghemat Kuota Internet Di Android
6 Cara Gampang Menghemat Kuota Internet Di Android
 Seiring makin banyaknya komunikasi yang dilakukan memakai ponsel android 6 Cara Praktis Menghemat Kuota Internet Di Android

Seiring makin banyaknya komunikasi yang dilakukan memakai ponsel android, kebutuhan paket data atau kuota internet pun semakin besar. Tapi perhatikan, jangan hingga kebutuhan tersebut justru menciptakan sahabat jadi boros.

Sekarang ini banyak sekali provider yang memperlihatkan paket internet terbaik dengan harga yang relatif murah baik paket internet unlimited ataupun kuota. Keduanya sama-sama punya batas masuk akal pemakaian.

Bedanya hanyalah pada paket unlimited, sahabat tetap bisa mengakses internet meski kecepatannya jadi sangat lambat. Sedangkan pada paket kuota, koneksi internet bisa eksklusif putus dan kalau di teruskan maka pulsa utama bisa terpakai juga.

Jika sahabat tetapkan untuk membeli paket internet dengan harga murah,jangan lupa siapkan obat sakit kepala alasannya ialah sahabat akan di pusingkan dengan jaringan yang super lemot bin lelet.

Oleh alasannya ialah itu, apapun paket yang dipakai sahabat tetap harus menghemat supaya koneksi ke internet tetap lancar dan tidak menguras isi dompet. Alternatif yang paling utama dalam hal ini ialah tentu saja mencari atau menghubungkan ponsel ke WiFi setiap kali ketika berada di kawasan yang menyediakan WiFi gratis.

Kaprikornus bagaimana kalau ada solusi yang bisa menghemat penggunaan paket internet sahabat yang bisa dilakukan hanya dalam waktu kurang dari satu menit? Ini ludang kecepeh memperringan dan sepele dari yang sahabat kira. Cukup ikuti enam langkah memberikankut untuk menghemat paket internet sobat.

Catatan: Penggunaan Data internet setiap individu akan bervariasi, tetapi saya sudah melaksanakan enam langkah memberikankut untuk memotong penggunaan paket internet saya, dan itu berhasil.

Kaprikornus sahabat Jangan ragu untuk melaksanakan tips memberikankut ini.


1. Gunakan Browser Yang Ringan

Jika sahabat ingin browsing alangkah baiknya sahabat menentukan aplikasi untuk browsing yang ringan ibarat opera mini/ UC Browser.

Browser tersebut merupakan aplikasi browser yang ringan, user friendly dan mempunyai kompatibilitas dengan banyak sekali macam mobile operating system.

Browser tersebut tidak eksklusif menanggapi usul dalam aplikasi. Setiap usul akan dilewatkan melalui server terludang kecepeh berlalu dan silam untuk dikompres supaya ukuran file menjadi ludang kecepeh kecil. Setelah itu gres dikirimkan ke perangkat selular.

Metode kompress merupakan sebuah cara untuk mempercepat pengiriman data dan tentunya akan menghemat paket internet yang sahabat pakai.

Dari pemakaian data internet jauh sekali bedanya kalau di bandingkan dengan browser lain ibarat chrome,firefox dan browser default bawaan android.


2. Minimalkan Penggunaan Aplikasi Jejaring Sosial
 Seiring makin banyaknya komunikasi yang dilakukan memakai ponsel android 6 Cara Praktis Menghemat Kuota Internet Di Android

Aplikasi jejaring sosial ibarat facebook,twitter,path,instagram cukup dikenal dan banyak dipakai di kalangan pecinta Android.  Tetapi masalahnya aplikasi tersebut ialah salah satu kontributor terburuk tidak hanya untuk konsumsi data internet, tetapi juga untuk pemakaian RAM dan pengurasan baterai.

Hal itu sanggup mengurangi kinerja ponsel android sahabat dan boros paket data internet . Kaprikornus mengapa tidak menggantinya dengan sesuatu yang sanggup menghemat pemakaian paket internet sobat?

Bayangkan ketika sahabat membuka aplikasi instagram, ponsel sahabat akan me-load puluhan bahkan ratusan foto dan video, itu akan menguras paket data internet sobat.

Tak terkecuali juga facebook. Ada banyak alternatif aplikasi Facebook tetapi aplikasi tersebut tidak jauh beda ibarat versi resmi yang bisa menguras pemakaian data sobat. Bahkan Facebook Lite, yang mengklaim bisa mengurangi konsumsi data 50 persen, masih memakan ratusan MB data dalam satu bulan.

Kaprikornus mengapa tidak mencoba facebook lewat browser yang ringan? itu tidak hanya bisa menghemat pemakaian data sahabat tetapi juga akan mempercepat kinerja ponsel sobat.

3. Batasi Data Latar Belakang

Cara termemperringan dan sepele untuk menghemat data internet ialah membatasi data latar belakang.

Data latar belakang meskipun tidak kita pakai bisa memakan beberapa KB dari paket internet kita ibarat email sempurna dan benarisasi, feed update, widget cuaca dan banyak lagi.

Sobat bisa setting sistem Android untuk membatasi data latar belakang di
Settings > penggunaan data > Membatasi data latar belakang atau untuk aplikasi individu dalam Pengaturan > Apps (tergantung pada versi Android yang Anda miliki).

Baca juga : Cara mempercepat koneksi internet android

Sobat juga sanggup mengubah pengaturan sempurna dan benarisasi untuk layanan Google di
Settings> Account> Google> pilih account dan kemudian periksa layanan yang tidak ingin sahabat sempurna dan benarisasi otomatis.

4. Nonaktifkan Auto-Update Aplikasi

 Seiring makin banyaknya komunikasi yang dilakukan memakai ponsel android 6 Cara Praktis Menghemat Kuota Internet Di Android

Saluran lain Yang memakan data internet sahabat berasal dari Update aplikasi google secara otomatis. Jika Play Store sahabat di set ke auto-update aplikasi, ini bisa memakan data internet setiap bulan tanpa sahabat sadari.

Untuk memeriksa, masuk ke Play Store Tekan Settings dan di atas sahabat akan melihat Auto-Update Apps. Tekan dan pastikan diatur ke '' Jangan perbarui aplikasi secara otomatis '' atau hanya melalui Wi-Fi.

Dengan begini sahabat sudah menghemat beberapa persen dari pemakaian paket data sobat.

5. Pintar Menonton Video Online

Menonton video di YouTube knorma dan sopan santun sedang di perjalanan memang menyenangkan, tapi jangan kaget kalau ini menciptakan kuota data internet sahabat cepat habis. Streaming video ialah salah satu layanan yang membutuhkan data dalam jumlah besar.

Jika ingin menghemat kuota data sobat, sebaiknya hindari menonton streaming video memakai koneksi seluler. Sobat bisa menonton streaming atau mengunduh video yang diinginkan knorma dan sopan santun terhubung ke WiFi gratis.

Jika memang harus menonton lewat jaringan seluler, sanggup diakali dengan menurunkan kualitas video. Biasanya kualitas video pada YouTube terdapat pilihan antara 270p hingga 1080p. Semakin rendah kualitasnya, ukuran data yang diharapkan per detik pun semakin kecil.

Alternatif lain, manfaatkan fitur YouTube yang bikin penggunanya bisa menonton video offline. Nah, dengan memanfaatkan fitur ini, sahabat bisa mengunduh video YouTube yang diinginkan ketika ada koneksi WiFi, kemudian menontonnya di waktu lain.

Tapi perlu dicatat bahwa tidak tiruana video sanggup diunduh ke dalam versi offline.

6. Matikan Lalu Lintas Data Saat Sudah Tidak di pakai

Langkah arif selanjutnya untuk menghemat paket data internet ialah dengan mematikan jaringan data ketika sudah tidak di pakai. Misalnya pada malam hari ketika kita sedang tidur. Karena kita tahu bahwa tiruana aplikasi yang terinstal akan memakan data internet meskipun jarang kita pakai atau tidak kita pakai sama sekali.

Untuk ludang kecepeh baiknya instal lah aplikasi yang sahabat perlukan saja supaya sahabat bisa meminimalisir pemakaian data internet oleh aplikasi yang tidak sahabat pakai.

Bagaimana, apakah sahabat tertarik memakai tips-tips diatas untuk mengelola penggunaan data mobile?
Advertisement

Iklan Sidebar